Harga Beras Rojolele 5 Kg Online dan Macam Macam Beras - Xaker.info Info Gadget

Selasa, 30 Juni 2020

Harga Beras Rojolele 5 Kg Online dan Macam Macam Beras



Harga Beras Rojolele 5 Kg Online
Adapun harga beras rojolele 5 kg di pasar online yakni tergantung merk harganya mulai 45.000 sampai dengan 70.000 rupiah.

Macam-Macam Beras
Beras adalah salah satu makanan pokok orang Asia, termasuk Indonesia. Jumlah konsumsi beras di Indonesia telah melebihi 139 kg/kapita per tahun yang merupakan salah satu tertinggi di dunia. Memang, orang Indonesia setiap hari makan nasi, tiga kali sehari. Bahkan ada istilah “belum makan kalau bukan nasi”, hihi.

Beras kaya dengan nutrisi, vitamin, mineral dan karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi yang baik. Anda makan nasi juga setiap hari? kalau saya makan nasi. hehe

Berikut ini beberapa macam beras mulai dari Beras Rojolele, Beras Pandan Wangi, Beras Mentik, Beras Batang Lembang dan lain sebagainya.

  • Beras Rojolele
Nama rojolele adalah sebutan dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Di daerah Jawa Barat dan beberapa daerah lain beras ini disebut juga sebagai beras muncul. Beras rojolele cirinya adalah fisiknya pendek dan cenderung bulat dan bulir berasnya ada sedikit bagian yang berwarna putih susu. Namun, tidak seperti beras pandan wangi, beras ini tidak wangi.

  • Beras batang Lembang
Beras batang Lembang dikenal orang juga sebagai beras Jepang lokal,  Ciri-cirinya adalah memiliki bulir yang panjang, warna beras putih jernih, dan nasinya super pulen jika dibanding dengan varietas yang lain. Beras ini dijual dengan harga 185 ribuan untuk kemasan karung 25 kg. Jadi satu kilonya sekitar 7-8 ribuan saja.

  • Beras Setra Ramos (IR 64)
Beras IR 64 atau beras setra ramos juga banyak dijual di pasaran. Beras ini tidak hanya disukai oleh orang-orang karena terjangkau dan pulen. Beras IR64 ini merupakan beras yang paling banyak  di Indonesia. Beras jenis ini disukai oleh petani karena hasil panen per hektar yang tinggi dan memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan hama.

  • Beras Pera (IR 42)
Tadi kita membahas beras IR 64, sekarang ada IR 42. Dari sekian banyak jenis beras yang dilepas pemerintah, padi IR 42 adalah salah satu beras yang rasa nasinya pera (keras).Walaupun pera, beras IR 42 masih dikategorikan sebagai primadona-nya beras pera, sehingga masih banyak ditanam oleh petani. Dan, walaupun terasa pera, rasa nasinya tetap enak. Cara memasak beras pera airnya lebih banyak daripada memasak beras yang pulen.
Bentuk beras IR 42 mirip seperti beras IR 64 tidak bulat, tapi lebih kecil. Jika beras ini dimasak, nasinya tidak akan pulen (pera), kalau bahasa Sunda-nya “bear” alias nasinya terpisah-pisah. Nasi seperti ini cocoknya dipakai untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, lontong, ketupat, dan masih banyak lagi kuliner lainnya.

  • Beras C4
Beras C4 memiliki ciri-ciri fisik sama seperti IR 64 dan IR 42, tapi sedikit lebih bulat dan lebih kecil. Berbeda dengan varietas beras yang sudah dibahas tadi, beras ini sulit ditemukan di pasaran, karena memang jarang ditanam oleh petani.Hasil nasi C4 pulen, bahkan lebih pulen daripada IR 64. Makanya, beras ini cocok untuk usaha rumah makan, restoran cepat saji, teman makan makanan berkuah dan kering-kering juga cocok.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai harga beras rojolele 5 kg dan berbagai macam beras dengan judul artikel  Harga Beras Rojolele 5 Kg Online dan Macam Macam Beras. Semoga Bermanfaat.Terima Kasih . Wassalam

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda